BOD Message

"Sebagai perusahaan jasa rekayasa terkemuka, PT Sanggar Sarana Baja (SSB) menerapkan tata kelola perusahaan yang baik. Kami menunjukkan komitmen yang kuat dalam perbaikan proses, sistem, dan sumber daya manusia.”

Tahun 2012 meskipun Indonesia berada dalam posisi yang lebih baik dibandingkan dengan Negara lain, dampak penurunan kondisi ekonomi terutama pada sektor industri batu bara begitu terasa. Menjadi catatan bagi kami dalam sepanjang sejarah perjalanan usaha karena kami mampu selamat dari kondisi pasar yang penuh tantangan ini. Sumber daya manusia kami terus berupaya menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan untuk membangun SSB yang lebih besar dan lebih baik.

SSB melihat ini sebagai peluang besar untuk menghasilkan kemajuan di tengah kondisi persaingan yang cukup ketat. Untuk itu kami fokus dalam mensinergikan beberapa aspek dalam manajemen, proses bisnis serta organisasi yang kuat. Sinergi ini jelas mampu memberikan pertumbuhan yang berkesinambungan. Dengan memaksimalkan investasi yang terus meningkat di tengah kondisi politik yang stabil, SSB terus berinovasi untuk menembus pasar baru dan meningkatkan penetrasi produk pada pelanggan setianya. Tidak berhenti juga SSB melakukan investasi strategis pada potensi bisnis yang menjanjikan. Salah satu perhatian utama bagi perseroan adalah investasi di bidang sumber daya manusia. Untuk memperkuat fondasi dalam menciptakan daya saing berkelanjutan, kami melakukan natural restructuring. Dengan tantangan, serta prediksi akan terjadinya “super” demand di tahun 2013-2014, maka persiapan dan pembangunan infrastruktur untuk menyiapkan pemimpin masa depan akan senantiasa menjadi fokus kami.

Diawali dengan seleksi internal bagi top talents, beberapa rotasi, promosi dan stretching program dilakukan kepada calon pemimpin. Hal ini kami lakukan guna mengasah kemampuan maupun keterampilan dalam menghadapi situasi dan tantangan yang beragam. Kami yakin dengan sinergi baru ini akan membawa semangat baru dalam melakukan proses bisnis demi pengembangan yang berkelanjutan.

Kami juga fokus pada peningkatan kualitas manajerial, penyempurnaan proses bisnis, dan manajemen kinerja. Beberapa hal telah kami raih terkait dengan strategi penyempurnaan proses tersebut. Kami berhasil meresertifikasi ISO 9001, serta mendapat sertifikasi baru untuk ISO 14001 dan OHSAS 18001. Kami juga secara konsisten mengikuti dan mengimplementasikan APEX. Agar lebih komprehensif kami melakukan benchmark terkait dengan kemampuan implementasi proses. Selain itu, prestasi menggembirakan lainnya juga kami raih terkait dengan kemampuan teknis dan keunggulan perencanaan, sehingga SSB Divisi Fabrikasi mendapat sertifikat U3 dari American Standard of Mechanical Engineering yang sangat bergengsi. Sehingga untuk tingkat Asia Tenggara, hanya kami yang memiliki sertifikat U3 ini.  Selain itu SSB Divisi Remanufacturing mampu mendirikan fasilitas perbaikan Duo Cone Seal sebagai satu-satunya fasilitas yang ada di Asia Tenggara.

Kami juga menyusun struktur organisasi yang lebih komprehensif dan sistem insentif yang berbasis meritocracy. Sistem ini akan terus mengalami penyempurnaan, terkait dengan digunakannya tools KPI dan 360 derajat sebagai cara penilaian yang terintegrasi, berazaskan keadilan dan kejujuran penilaian yang obyektif.

Kami percaya aset masa depan bukan hanya terletak pada sebuah kecepatan proses bisnis maupun teknologi tinggi saja. Namun aset penting juga perlu memperhatikan kualitas sumber daya manusia yang mumpuni sebagai para pelaku bisnis. SSB percaya bahwa kemajuan bisnis di era modern ini salah satunya ditopang oleh ilmu pengetahuan. Berdasarkan nilai inti dan leadership traits, SSB membangun kompetensi, mendorong semangat kemandirian dan otonomi organisasi serta menyiapkan landasan pengembangan karir yang berkesinambungan.

Investasi kami dalam program pengembangan karyawan untuk menumbuhkan potensi dijalankan melalui program-program pelatihan, penugasan serta pengerjaan proyek menantang. Salah satu upaya kami dalam mengasah bakat serta kemampuan sumber daya internal secara signifikan dapat dilihat dari jumlah angka pelatihan. Tahun ini jelas mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya dimana angka pelatihan tahun 2011 mencapai 52.000 jam pelatihan. Peningkatan di tahun 2012 SSB mencapai rekor tertinggi dengan menembus angka lebih dari 90.000 jam pelatihan. Angka yang luar biasa ini menggambarkan betapa kami sangat bersungguh-sungguh memperkaya pengetahuan demi  keberlangsungan operasional pekerjaan dan kemajuan bisnis.

Lebih dalam lagi kami memfasilitasi proses komunikasi karyawan pada Majalah internal SSB terbit secara berkala setiap kwartal. Media ini bukan saja memberikan informasi terbaru bagi karyawan di kantor pusat, tetapi juga karyawan di site. Dengan adanya media untuk berkomunikasi, kami berharap sinergi dapat dilaksanakan dari proses awal hingga akhir.

Strategi Pertumbuhan

Kami tetap berakar pada nilai-nilai kami untuk mengimplementasikan praktik tata kelola perusahaan yang baik  dan bertumpu pada 4 pilar strategi utama:

  1. Pengembangan bisnis jasa
  2. Disiplin pada proses
  3. Penyelarasan target pada area market utama
  4. Memperkuat sumber daya manusia dengan mencetak pemimpin yang amanah

Kekuatan utama kami bertumpu pada: teknikal kompetensi, jasa dan keberadaan fasilitas yang mendekatkan diri pada pelanggan. Hal ini adalah sumber utama yang kami miliki untuk menghadapi pesaing, dan memberikan yang terbaik bagi pelanggan di area mining & energy. Kami akan terus mencari cara, mengembangkan diri, untuk dapat menjadi pemimpin pasar di masa depan.

Kami senantiasa berkomitmen menanamkan Enam Nilai Inti utama karena pilar tersebut dapat menumbuhkan kepercayaan dari para pemangku kepentingan. Kami mewujudkannya dengan mematuhi standar perilaku yang ketat.

SSB menyadari kebutuhan untuk mengisi posisi strategis sebagai leader masih menjadi isu yang perlu kami tindak lanjuti. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, SSB memiliki program entry leadership seperti Management Trainee. Sebanyak 12 orang berhasil lulus dalam program ini dan terbukti sudah menempati beberapa posisi penting di Perseroan. Selain itu keseriusan kami dalam menggarap program fast track juga dilakukan dengan menarik karyawan internal untuk mengikuti program pengembangan. Sehingga sumber daya internal maupun eksternal kami gunakan secara maksimal.

Kami juga berupaya untuk membangun brand SSB sebagai leading Engineering Services Company melalui beberapa strategi. Pembaharuan website baik dari sisi isi dan desain dilakukan untuk memberikan informasi yang selalu terbarukan. Promosi mengenai SSB kami lakukan dengan mengikuti berbagai event pameran dan targeted ads placement di media strategis. Promosi ini tidak hanya menambah manfaat branding bagi Perseroan, tapi juga melengkapi upaya untuk memperkuat kebanggaan karyawan terhadap pencapaian dan hasil kerja yang dilakukan.

Di sisi lain kami akan menggunakan berbagai fasilitas dan potensi kerjasama didalam grup TMT, sebagai bagian tak terpisahkan pembangunan sumber daya SSB secara keseluruhan. Sistem reward dan punishment telah di jalankan dengan sungguh-sungguh, dan pelanggaran Integritas menjadi pelanggaran yang tidak termaafkan dalam proses pembenahan ini.